Istilah 5P di Dunia Kuliah

Halo para pencinta blogers..apa kabar kalian semua?
Jaga kesehatan ya dan jangan lupa bahagia...

Okee kali ini aku mau berbagi pengalaman lagii
Gak kerasa ya hampir satu bulan kuliah.. Aku mau ngejelasin tentang seputar dunia perkuliahanku yakni terkhusus serangkaian kegiatannya.
Kalian tentu gak asing pas selama kalian kuliah selalu ada 
5 P : Pelajaran , Perkuisan, Pertugasan, Presentasi dan Portofolio.
Yuk bahas yuk :

Pertama, bahas pelajaran nih.. Nah pada bagian ini biasanya yaa bertemu dan mendapat ilmu dari dosen. Sistem yang dipakai biasanya pakai sistem SKS (Satuan Kredit Semester). Intinya  adalah beban studi mahasiswa dan beban mengajar pula kepada dosen itu dinayatakan dalam SKS. Bagi mahasiswa 1 SKS tiap minggu selama satu semester itu menunjukkan bahwa kegiatan 50 menit tatap muka terjadwal, 60 menit kegiatan akademik terstruktur, dan 60 menit kegaiatan mandiri.
Udah jelas yaa... Sekarang aku mau kasih tips nih :
Intinya kalo jadi mahasiswa yang baik itu pemaknaan dari sks diamalkan, fokus dan serius pas ndengerin dosen mengajar, catet poin-poin penting materi dalam buku catatan.

Kedua, perkuisan. What ? Perkuisi kah ? Wehh bukan donk.. Perkuisan itu dari kata KUIS..
Bicara soal kuis, sebagaian dosen menjadikan kuis sebagai hal yang favorit, tapi belum tentu favorit di mahasiswanya. :) kuis biasanya dijadikan perjanjian awal kontrak belajar dari dosen setiap pertemuannya. Kuis bisa berupa soal ujian tertulis dan lisan tergantung dari dosen masing-masing. Terus kalau kuis itu susah atau gampang ya ? Ya tergantung dosen masing-masing ya.
Menang kuis dapat hadiah ? Wahh itu mending ikutan kuis di tv ajaaa.. 
Tips buat kalian survive di perkuisan adalah intinya jangan lupa belajar , pasti abis itu dijamin kalian bakalan bilang kuisnya mudah kok.

Okee ketiga nih pertugasan. Biasanya sih menurut testimoni mahasiswa tugas itu mengasyikkan karena bisa dibawa pulang dan disimpan. Bentuk pertugasan pun menyesuaikan dengan dosen masing-masing. Tugas itu ibarat amunisi gizi buat mahasiswa yang membutuhkan yaa..
Tipsnya kerjakan tugas senikmat mungkin seperti liburan keliling dunia, jangan ditunda-tunda karena penundaan itu tidaklah baik.

Yang keempat adalah Presentasi .. Bagian presentasi ini sekarang menjadi paling hits diantara lainnya. Karena presentasi mencetak mahasiswanya menjadi plus plus. Pokoknya presentasi itu mengasyikkan banget. Bagian presentasi tunggu dipostingan berikutnyaa yaa..
Buat tips presentasi itu cukup dengan niat yang tulus dari hati jangan setengah-setengah.

Lanjut kelima yakni portofolio itu adalah semacam evaluasi akhir terhadap apa yang telah didapatkan, biasanya yakni adanya ujian akhir. Kegiatan ini menguji kemampuan kita terhadap apa yang telah kita dapatkan. Semangat yaaa nilai IPK cumlaude adalah dambaan orang tua dan tentunya akan membahagiaan diri kita yang mampu mendapatkannya.

Okee sekian yaa kegiatan-kegiatan kuliahkuu. Terimakasih atas perhatiannya :)
Tetap semangat ya semuanya dan jangan pernah lupa bahagia O.K :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meet n Greet KICK ANDY

Pertama Kali menjadi Mahasiswa PKN STAN itu.........